Selasa, 01 November 2011

Tips Investasi di Luar Negeri

Beberapa hal yang perlu diperhatikan calon investor yang akan menanamkan modal/membuka usaha di luar negeri:

  1. Perhatikan stabilitas negara tujuan investasi. Stabilitas ekonomi dan keamanan menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang investasi. Negara yang kondisi keamanannya stabil dan jarang terjadi konflik internal menjadi tempat yang ideal untuk berinvestasi (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia) Selain itu, kepastian hukum juga amat menunjang jalannya investasi.
  2. Kenali profil resiko, apakah moderat, konservatif atau agresif. Jangan membeli instrumen investasi yang tidak sesuai dengan profil resiko yang dimiliki.
  3. Cari informasi mengenai negara tujuan investasi serta sejarah dan track record perusahaan dimana kerjasama investasi akan dilakukan.
  4. Pelajari dan pahami aturan berinvestasi di negara tujuan, jangan sampai mengalami kendala peraturan ketika investasi sudah mulai berjalan.
  5. Berhati-hati dengan tawaran-tawaran yang menggiurkan, promosi dan hadiah dari perusahaan investasi, sebelum anda meneliti dan mempelajari lebih lanjut penawaran dari perusahaan tersebut
  6. Diteliti kembali apakah ada kebijakan pemerintah negara tujuan untuk menarik investor asing, apakah ada perjanjian investasi antara Indonesia dengan negara tujuan investasi. sumber: http://www.kemlu.go.id

1 komentar: